Dampak Positif dan negatif Gunung Berapi Meletus

Kita ketahui ketika sebuah gunung berapi meletus sangat menakutkan dengan dampak yang terjadi , namun kita harus sepenuhnya paham akan Dampak Positif dan negatif Gunung Berapi Meletus . jadi setiap seusatu hal yang buruk pasti ada hal manis yang di dapat sama saj dengan gunung berapi .
 Dampak Positif dan negatif Gunung Berapi Meletus

Meletusnya gunung berapi adalah salah satu fenomena alam yang ada di alam kita bumi . setaip sebuah letusan gunung api mempunyai dampak yang sangat hebat , namun dampak mempunyai beberapa dapatk yang bermanfaat dan merugikan , dari sisi mana kita melihat itu . berikut Dampak Positif dan negatif Gunung Berapi Meletus :

Dampak Positif Gunung berapi meletus :


  1. Ketika gunung berapi meletus dan mengeluarkan Abu vulkanik, abu ini  dapat menyuburkan tanah pertanian di sekitarnya sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian penduduk. kita kethui banyak orang tinggal di lereng gungung , bekerja sebagai petani dan perkebunan . Teh dan Kopi menjadi komoditas utama . 
  2. Di daerah vulkanis memungkinkan banyak turun hujan melalui hujan orografis. Hal tersebut disebabkan gunung merupakan daerah penangkap hujan yang baik,
  3. Di daerah gunung api memungkinkan dibangun pembangkit tenaga listrik , yang berasal dari energi panas yang berada di sekitar gunung berapi . 
  4. Banyak di temukan sumber air panas dan air makdani yang dapat dimanfaatkan untuk pariwisata. 
  5. Banyak terdapat aneka bahan tambang seperti belerang, logam, dan permata. yang dapat kita manfaatkan sebagai jalan untuk mendaptkan hasil . 
  6. Namun kalo kita pahami ketika sudah terjadi gunung berapi akan menjadi sebuah wisata . itu adalah Gejala pasca vulkanik merupakan objek wisata yang menarik. 
Dampak Negatif Gunung berapi meletus : 

  1. Pada waktu gunung meletus puluhan ribu manusia dan ternak banyak yang menjadi korban,
  2. Gas beracun yang dikeluarkan dari gunung api sangat membahayakan bagi manusia ketuka manusia menghidup gas tersebut . 
  3. Awan panas yang di keluarkan gunung api dapat menewaskan makhluk dan tumbuh-tumbuhan.
  4. Lahar dingin dan panas dapat merusak daerah yang dilalui nya menjadi rata dengan tanah .
  5. Bom lapili dan pasir vulkanik dapat merusak rumah, jembatan, dan daerah pertanian.
  6. Abu vulkanik yang bertaburan diangkasa dapat mengganggu penerbangan dan udara yang di hriup manusia akan menjadi beracun . 
Jadi itulah Dampak Positif dan negatif Gunung Berapi Meletus namun semoga tidak ada banyak korban ketika fenomena alam ini terjadi , siapa yang tahu gunung berapi akan meletus manusia hanya dapat memprediksi saja . Bagi anda yang sedang belajar kimi dan mencari tabel periodik anda bisa membaca  Kumpulan Tabel Sistem Periodik Unsur Kimia (SPU)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih atas uraiannya

Posting Komentar