Bagian Bagian Mata dan Fungsinya

Bagi anda yang belum tahu akan setiap bagian bagian mata dan fungsinya anda harus perlu tahu karena setiap bagian mempunyai fungsi yang berbeda . mata adalah salah satu dari sekian banyak organ tubuh manusia yang sangat penting , perlu di jaga dan di perhatikan . tak hanya itu mata juga salah satu dari panca indra manusia sebagai penglihatan . Mata dapat melihat ketika sebuah tempat terdapat cahaya namun sebaliknya ketika tidak ada cahaya mata tidak dapat melihat .
Bagian  Bagian Mata dan Fungsinya

Fungsi mata sebagai penglihatan itu adalah fungsi yang sangat kompleks yang harus di jaga setiap manusia , untuk bagian bagian mata mempunyai dua bagian bagian luar dan dalam namun kali ini saya ingin share bagian dalam mata manusia :


  1. Kornea
    Korena adalah bagian mata paling luar yang dapat melihat cahaya secara kuat . dan fungsi kornea itu sendiri untuk melindungi bagian mata akan cahaya berlebihan ketika mendapat cahaya , dan bagiana tersebut menjadi aman . 
  2. Aquepous humor
    Adalah bagian mata yang cair yang berfungsi membiaskan cahaya ke dalam mata .
  3. Lensa Kristalin
    adalah lensa mata yang berperan sangat penting untuk mengatur letak bayangan agar tepat jatuh di bintik kuning . dan berfungsi untuk memfokuskan dan meneruskan cahaya yang akan masuk ke mata agar cahya itu sendiri jatuh . 
  4. Iris
    adalah selaput yang membentuk celah lingkaran di tengah tengahnya . berfungsi untuk mengatur besar-kecil pupil untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk. Iris,  terletak pada tengah-tengah bola mata, yang ada di belakang kornea. Sebuah warna dari iris ini dapat dipengaruhi jenis ras .
  5. Pupil
    adalah celah yang di bentuk iris untuk tempat masuk cahaya pupil . dan berfunsgi untuk mengatur banyak sedikit cahaya yang masuk ke mata . 
  6. Otot mata
    berfusngi sebagai otot menyangga lensa kristalin dan mengatur besar kecilnya lensa. 
  7. Vitreus humor
    adalah bagian cairan bening yang mengisi rongga mata. fungsinya adalah meneruskan cahaya dari lensa ke retina.
  8. Retina
    adalah sebuah bagian lapisan pada dinding belakang bola mata tempat bayangan dibentuk. pada retina itu sendiri berfungsi sebagai menangkap serta meneruskan cahaya dari lensa hingga ke saraf mata. Dan di dalam selaput jala ini terdapat sebuah ujung-ujung saraf untuk menerima.
  9. Bintik kuning
    adalah bagian lengkungan pada retina yang merupakan bagian yang paling peka pada retina.
  10. Syaraf optik
    adalah bagian sebagai penerus rangsang cahaya dari retina ke otak . dan berfungsi sebagai  meneruskan sebuah rangsang cahaya hingga ke otak.
setiap Bagian - Bagian Mata dan Fungsinya mempunyai peran yang sangat penting bagi manusia , ketika salah satu bagian itu rusak akibatnya semua bagian juga akan terkena dampaknya jadi jaga baik baik indra penglihatan anda . bagi anda yang tidak tahu perbedaan otak kanan dan otak kiri anda bisa membaca artikel Perbedaan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar